SMP Islam Terpadu Ukhuwah dan Pearson: MoU Signing GSE School Partner

11 Juli 2024

SMP Islam Terpadu Ukhuwah dan Pearson: MoU Signing GSE School Partner

Banjarmasin- Sesuai dengan Perdirjen GTK Nomor 1668 Tahun 2024 tentang Panduan Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Inggris, guru Bahasa Inggris di SD harus mencapai kompetensi minimal level B1 berdasarkan CEFR, sementara guru di SMP, SMA, dan SMK harus mencapai level B2.

Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 32 Tahun 2024 menyebutkan bahwa capaian pembelajaran Bahasa Inggris meliputi 6 keterampilan (menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan) yang terintegrasi, dan semua ini juga mengacu pada CEFR dengan target level B1.

Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Pearson melakukan penandatanganan MoU untuk Global Scale of English (GSE) School Partner. Program ini dimulai dengan dua sekolah, yaitu SMP Islam Terpadu Ukhuwah dan SMA Islam Terpadu Ukhuwah, serta pelatihan untuk semua guru Bahasa Inggris di lima sekolah Yayasan Ukhuwah (SD Islam Terpadu Ukhuwah, SD Islam Terpadu Ukhuwah 2, SMP Islam Terpadu Hidayatul Quran Boarding School, SMP Islam Terpadu Ukhuwah, dan SMA Islam Terpadu Ukhuwah). Sebelumnya, telah dilakukan pemetaan kompetensi guru Bahasa Inggris sesuai standar CEFR.

Acara penandatanganan MoU ini berlangsung di Auditorium Ukhuwah pada Kamis, 11 Juli 2024 dan dihadiri oleh Direktur Pendidikan Yayasan Ukhuwah, perwakilan Pearson Indonesia dan Kalimantan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, serta tenaga pendidik dan kependidikan dari SMP Islam Terpadu dan SMA Islam Terpadu Ukhuwah.